Memilih Agensi Digital yang Tepat


Mengetahui cara memilih agensi digital yang tepat adalah langkah pertama menuju strategi pemasaran online yang sukses. Baik itu situs web baru, aplikasi Facebook, atau meningkatkan taktik SEO Anda, dengan siapa Anda bekerja sama pentingnya dengan proyek itu sendiri. Kami telah mengumpulkan daftar tips untuk membantu Anda memilih agensi digital yang tepat untuk bisnis Anda.

1. Tim internal: Semakin banyak pekerjaan yang dilakukan agensi secara internal, semakin banyak kendali yang dimiliki (dan pada akhirnya kliennya) atas sebuah proyek. Begitu agensi mulai mengalihdayakan pekerjaan mereka, komunikasi dapat menghambat atau memperlambat kemajuan, belum lagi masalah yang dapat terjadi jika Anda ingin mengubah apa pun. Selain itu, agensi internal cenderung menawarkan layanan yang lebih baik karena tim mereka lebih mengetahui keseluruhan proyek, daripada bagian yang terpisah.

2. Portofolio yang relevan: Agensi tidak hanya harus memiliki sampel pekerjaan yang kuat dari berbagai klien, tetapi pekerjaan itu juga harus relevan dengan proyek Anda. Memeriksa portofolio adalah cara yang bagus untuk melihat bagaimana keterampilan agensi sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, misalnya, jika Anda ingin mengembangkan aplikasi Facebook, pastikan agensi yang Anda pilih memiliki pengalaman membuatnya.

3. Layanan tambahan: Peran agensi digital tidak boleh berhenti ketika proyek selesai, jadi pastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari hubungan Anda. Agensi yang baik akan sering menawarkan pelatihan tentang cara mempertahankan usaha baru Anda, menindaklanjuti dengan dukungan teknis, dan memberikan semacam jaminan pada kode proyek mereka.

4. Kontak yang andal: Karena pemasaran online bisa rumit dan tahan lama, pilihlah agensi yang menugaskan Anda sebagai manajer proyek yang konsisten. Ini akan memastikan bahwa Anda tahu persis siapa yang harus dihubungi dan setidaknya satu orang tahu apa yang terjadi dengan akun Anda setiap saat. Banyak agensi akan mengirim manajer tingkat atas untuk memberikan promosi dan akhirnya menyerahkan proyek kepada junior; tanyakan di muka dengan siapa Anda akan bekerja dan kapan Anda dapat bertemu dengan mereka.

5. Teknologi terbaik: Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dan mematuhi standar keamanan, pilih agensi digital yang dapat menawarkan teknologi terbaik yang tersedia. Ada banyak solusi untuk proyek yang sama, jadi tanyakan kepada agensi Anda teknologi apa yang mereka rencanakan untuk digunakan dan mengapa mereka memilihnya daripada yang lain. Jika mereka tidak dapat memberi Anda jawaban yang baik, carilah agen yang dapat memberikannya.

6. Kreativitas: Industri digital sangat bergantung pada kreativitas dan jasa pemasaran online bandung Anda perlu bersaing di level itu. Pastikan agensi yang Anda pilih memiliki bakat kreatif dalam pekerjaannya, baik yang melibatkan desain yang indah, konsep yang menarik, atau penggunaan teknologi yang unik.

7. Rekam jejak yang kuat: Selain proyek yang dikembangkan dengan baik, periksa hasil yang diperoleh agensi digital. Ini termasuk fakta dan angka dari pekerjaan mereka sebelumnya, serta apakah mereka memiliki klien jangka panjang atau tidak. Ini akan memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang apa yang dapat Anda harapkan saat bekerja dengan mereka.

8. Memahami brief perusahaan: Agensi harus dapat memahami kebutuhan Anda agar dapat memberikan layanan terbaik. Jadi, meskipun bagus jika sebuah agensi dapat menghasilkan karya yang luar biasa, itu tidak akan membantu sama sekali jika hasil akhirnya berbeda dari apa yang sebenarnya Anda inginkan. Periksa pekerjaan agensi sebelumnya dan tanyakan bagaimana kesesuaiannya dengan brief klien mereka.

9. Ikuti praktik terbaik industri: Ada banyak perusahaan yang menawarkan pemasaran online murah, sayangnya banyak dari agensi tersebut yang akhirnya menggunakan teknik "topi hitam" untuk meningkatkan hasil mereka (terutama dalam hal taktik SEO). Meskipun ini mungkin berhasil untuk waktu yang singkat, proyek Anda pada akhirnya dapat dihukum oleh orang-orang seperti Google, Yahoo dan Facebook, yang terus-menerus menyingkirkan pemasaran online yang tidak sesuai dengan kebijakan praktik terbaik mereka. Pastikan agensi yang Anda gunakan tidak membahayakan proyek Anda dengan mengambil jalan pintas.

10. Kemitraan: Pada akhirnya, ini adalah proyek digital Anda, jadi temukan agensi yang berusaha membuat Anda tetap terhubung. Agensi harus menerima masukan Anda dan terus-menerus menerima umpan balik Anda sambil membimbing Anda tentang cara terbaik untuk menerjemahkan ide-ide ini secara online. Agensi yang memperlakukan klien seperti mitra menawarkan pengalaman yang lebih lancar selama proses pengembangan dan proyek akhir yang lebih memenuhi harapan klien.